Thursday, 20 April 2017

Sedalam 0,4 cm Dan Selebar 0,9 cm

Di hari Ahad  yang  cerah. Aku disuruh  mama bikin sambal. Karena semua masakan sudah siap. Ya mau gimana  lagi? Lagipula sambal bikinanku terkenal  enak. Lebay dikitlah, buat pencitraan.  Padahal yang  bilang enak cuman  keluarga  dan tetangga. Oleh karena  itu hampir  setiap  acara keluarga  dan kerja bakti dapat  jatah bikin sambal. 


Setelah bahan sambal sudah selesai  di goreng. Aku menaburi gula dan mencari tempat garam yang  ternyata telah  kosong isinya. Dengan  berat hati harus segera  mengambil  garam di toko. Sesampai di dapur. Segera ku tusuk bungkus  garam bagian atas dengan pisau. Ku tarik pisau menuju ujung  bungkus.

"Aaaww......!!!" Jari telunjukku tersayat pisau. Darah segar menetes ke tutup wadah  garam dan lantai.

Aku mengerang sakit. Padahal sih gak  sakit, cuman  kaget  aja. Kemudian  orang rumah  panik. Bertanya tanya ada apakah aku?

Kak Rio datang, "Kenapa?"
"Kaget aja sih, kena pisau."
"Alah, gak apa tuh. Masih jauh  dari jantung."

Kemudian aku membersihkan luka di air mengalir dan mencari  hansaplas. Eh, kak Rio datang bawain minyak telon.

BTW luka  kalo dikasih  minyak telon jadi cepat  sembuh, kering lukanya. Setelah di kasih minyak  telon, lalu bungkus  pakai hansaplas.

Tetiba kepala rasanya  pening banget.  Ini kayaknya  mau pinsan deh, pikirku. Buru buru baring di kasur. Biar kalo pingsan tinggal  merem. Gak perlu jatuh, aku sudah  cukup  merasa sedih jangan  ditambah  sakit  yang  lain. Aku menunggu  pingsan sambil meratapi nasip. Ya gak lah!

Aku sudah  berpengalaman, kalo teriris biasanya  pingsan. Kesannya lebay ya? Tapi gimana?? Aku pun benci seperti  itu. Lemah sekali, padahal  mendaki ke Semeru aja kuat, jalan menuju Pulau Sempu apalagi?! Apalagi!! Sebenernya kalo lihat darah orang biasa aja. Waktu bersihkan luka bapak yang hampir  setelapak  tangan aja berani kok. Potong ayam juga berani. Kecuali  kalo kecelakaan sih (mungkin  karena  dekat  sama nyawa kali ya? Jadi takut). Tapi  kenapa  giliran kena pisau, ngeliat  darah sendiri  rasanya  mau pingsan, heran juga  sih. Sudah  dua kali  pingsan gegara  teriris  tapi gak ada yang nolongin.  Soalnya  gak ada yang  tau juga  sih. Terakhir  kali pingsan dikira mama sengaja  tiduran  di dapur. Makanya kalo abis  teriris  sengaja  teriak. Bukan karena sakit atau sekedar  kaget.  Tapi biar, kalo seandainya  aku  tetiba pingsan  ada yang  nolongin, gitu. Semacam  persiapan  lah, halah!

Heii...!! Sudah  sekitar  15an menit berlalu tapi aku gak kunjung  pingsan  juga!! Gimana sih! Udah siap siap pingsan, malah  gak jadi! Giliran  gak siap malah  pingsan. Huh!

Penasaran  juga, sebenarnya  berapa besar luka yang sudah tergores karena hendak  membuka garam itu. Setelah  aku ukur ternyata  emang gak terlalu dalam sih. Hanya  sedalam 0,4 cm dan selebar 0,9 cm aja. Kirain dalam banget! Ternyata  masih dalam  perasaanku kepadanya.  Halah!!


Ketika  merasa masa keritis telah  berlalu ehem maksudnya setelah  selesai peningnya baru deh lanjutkan  aktivitas membuat  sambal  dan lainnya.

Ada gak sih pengalamanmu yang bikin  pengen  pingsan  aja  atau emang beneran  bikin  pingsan?!

38 comments:

  1. mau juga sambalnya dong! Saya paling suka sambal ijo (sambal pakai lombok keriting hijau)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, sini dah ku buatin πŸ˜€

      Delete
  2. Replies
    1. Duh masaksih, jadi malu. Hoek πŸ˜‚

      Delete
  3. Wkakkaka...
    Mau dong di sambelin ��

    Aku baru tau kalo minyak telon bisa keringin luka, bukannya harus pake betadin yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini dah!

      Iya, cepat kering lukanya kalo pake minyak telon.

      Delete
    2. Nanti kalo ada rezeki aku sama ana main kesana, Semoga 😁

      Delete
  4. Teriris itu emang ngilu bangeeeet. Kalau yang rasanya bikin mau pingsan tuh pas jatuh lutut duluan, lecet, terus pas mau berdiri pedih. Aduuuuh :") *bayanginnya aja bikin meringis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo keingat rasanya itu.. ngilu..

      nah! itu juga bikin pilu. duh, mana lututku lagi biru biru lagi. lebih berasa ngilunya..

      Delete
  5. Waah dapat ilmu baru. Kalau luka dikasih minyak telon bisa kering.
    Mau dong kaa sambelnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. 😊

      iya, sini!! aku bikinin ntar πŸ˜€

      Delete
  6. hahaha bakat banget nih jadi tukang gambar, sampe tangan yang luka aja digambarin

    ReplyDelete
  7. dikira sengaja tiduran di dapur . yawla :')

    eh kok kamu lemah banget ya? keiris doang bisa pingsan gitu?!
    #ditabokyangpunyablog

    pingsan karena liat darah atau karena kaget ples sakitnya?
    berati kalau lagi dapet gimana? pingsan juga kah di kamar mandi?

    aku biasanya pengin pingsan kalau pas lagi kerja, terus rasanya cape banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lemah banget ya?! :'(

      Nah, kayaknya kaget juga.
      Gak sakit kok, bener deh. Cuma perih dikit.

      kalo itu ya gak lah, kan udah biasa πŸ˜…πŸ˜…

      Wah, itu pengen pingsan atau pengen bobo aja ?? πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  8. kok aku deg deg an ya baca nya? :D soalnya jadi inget juga dulu waktu motong singkong, jari ikut kepotong,, lalu pingsan juga sama seperti kamu,, :D aduuuh...btw mau donk dibuatin sambel :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh! Itu kepotong beneran apa keiris? Serem amat!!

      Iya, tunggu mba Indra kesini atau aku yang ke Jerman nih? πŸ˜‚

      Delete
  9. Ngomongin soal sambal pasti sicewek nimbrung duluan, hemm apa itu namanya kalau jaman belum ada blender, itu lho pasanganya cobek...

    Dulu waktu mau bikin sambel trasi pas lagi nyari yg besar lonjong yg bikin numbuk lomboknya itu apa namanya sy lupa... Pokonya sy suka deh sama sambalnya neng admin

    ReplyDelete
  10. Sampe diitungin panjang lebarnya ya? Nggak sekalian diitung berapa suhu di dalam luka itu, Kak. :D

    Aku jarang mainan piso, makanya cuma sesekali doang kena sayatan. Hal yang bikin pengin pingsan paling cuma pas mau nyalain kipas dinding. Soalnya madep ke atas, tiba-tiba pening. Tapi aku gak pernah tau rasanya pingsan gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sama kayak suhu badan 😁

      Jangan pingin pingsan lah! πŸ˜›

      Aku juga baru akhir kuliah ini ngerasain pingsan ckckk

      Delete
  11. Aduh, aku yang baca ceritanya aja ikut perih dan ngilu >.<cepat sembuh ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah sudah sembuh 😊

      Delete
  12. Wadduuhh... kasian banget tu tangan. Kok bisa-bisanya lah. Hhaaa.. sekarang udah sembuh mbak?

    ReplyDelete
  13. Aku biasanya mau semaput kalo pas cek rekening udah mau abis saldonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wanjiirrr.... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  14. jadi inget dulu pernah motongin singkong, eh gak sengaja kena jari. kyak ada suaranya gitu, 'jrassss!' gitu wkwkwk. darahnya bermuncratan :((

    ReplyDelete
  15. Mana foto sambalnya, Mba Arum ? he
    Itu lukanya ko jadi serasa hilang ya aku ngerasanya, setelah lihat jari tangannya senyum gitu..hehe. Lucu..

    Tapi ini hal yang wajar lah buat calon Ibu ya, Mba..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa fotoin tau tau udaha abis aja.

      Wajar buat semuanya yang rajin bermain pisau πŸ˜‚

      Delete
  16. Aku sih paling takut sama tulang yang kenapa-kenapa, mba. Luka gapapa, bengkak gapapa, keseleo okelah bisa diterima. Tapi kalo udah lihat tulang patah, tulang geser, tulang mencuat, serasa pingin pingsan aja :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuhhh... itu lebih serem. Mana pengobatan lebih lama juga..

      Delete
  17. sakitnya seperti teriris sembilu, padahal nggak thau sembilu itu apa.
    jadi lebih respek sama perempuan (ibu) yang sekian tahun masak demi keluarga. dah gak kehitung berapa kali keiris pisau. dah gak keitung berapa kali nangis2 ngiris bawang. sedalam dan selebar, ada lagi sepanjang biar jadi rumus volume balok

    btw minyak telon emang boleh ya dikasih ke luka terbuka gitu? bukane betadin atau NaCl (larutan garam pembersih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering nangis dan keiris karena masak. Chiaaa maaassa di samain sama balok

      Aku lebih suka pake minyak telon. Cepet kering lukanya.

      Delete
  18. waduh keren nih masaknya berdedikasi banget sampe luka haha. enak mesti makanannya pake pengorbanan

    ReplyDelete
  19. Baru tau kalo luka dikasi minyak telon bisa cepat kering.
    Kalo luka hati bisa sembuh juga nggak ya? :D
    BTW jarinya jadi imut gitu ya. :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar dengan kata-kata yang baik ^_^